Platform Global untuk Pengurangan Risiko Bencana adalah forum multi-pemangku kepentingan.

Platform Global untuk Pengurangan Risiko Bencana merupakan forum multi pemangku kepentingan untuk meninjau kemajuan implementasi Kerangka Kerja Sendai Untuk Pengurangan Risiko Bencana atau SFDRR 2015-2030. Kerangka kerja Sendai berisi langkah-langkah konkret untuk melindungi hasil-hasil pembangunan yang dicapai dari risiko bencana dan telah disahkan oleh majelis umum PBB.

Platform Global untuk Pengurangan Risiko Bencana merupakan mekanisme penting untuk memantau kemajuan dalam implementasi Kerangka Sendai di tingkat global. Pada wadah tersebut, pemerintah, lembaga-lembaga PBB dan semua pemangku kepentingan berkumpul bersama untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman, berdiskusi tentang perkembangan dan tren terkini terkait hal pengurangan risiko bencana, mengidentifikasi kesenjangan yang masih ada dan menyusun rekomendasi untuk kemudian mempercepat implementasi Kerangka Sendai.

Mempertimbangkan upaya pengurangan risiko bencana dan pembangunan yang berkelanjutan, tema utama dari Sesi ketujuh Platform Global Pengurangan Risiko Bencana ini adalah “Resilience Dividend: Toward Sustainable and Inclusive Societies”.

Pemerintah Indonesia berbangga untuk menjadi tuan rumah pada sesi ketujuh Platform Global untuk Pengurangan Risiko Bencana pada tanggal 23-28 Mei 2022 di Bali, Indonesia. GPDRR ke-7 ini merupakan kegiatan utama PBB yang kali pertama dilakukan pada masa pandemi Covid-19. Indonesia tentunya siap menyelenggarakan kegiatan internasional secara aman.

GP2022

Platform Global untuk PRB ketujuh

Platform Global untuk Pengurangan Risiko Bencana merupakan forum pertukaran informasi, diskusi perkembangan terkini, pengembangan  pengetahuan dan pembangunan kemitraan lintas sektor, dengan tujuan untuk meningkatkan pelaksanaan pengurangan risiko bencana melalui komunikasi dan koordinasi yang lebih baik. Secara total, sampai saat ini sudah ada enam sesi Platform Global Pengurangan Risiko Bencana yang diselenggarakan sejak tahun 2007. Setiap sesi Platform Global berfokus pada tema-tema spesifik  tertentu. Platform Global telah berperan penting dalam melihat  kemajuan, tantangan-tantangan, dan tindakan yang diperlukan dalam mencapai tujuan Kerangka Sendai untuk Pengurangan Risiko Bencana.

Sesi ketujuh Platform Global (GP2022) akan diselenggarakan oleh Kantor PBB untuk Pengurangan Risiko Bencana (UNDRR) antara tanggal  23-28 Mei 2022, di Bali, Indonesia, dengan tuan rumah oleh Pemerintah Indonesia. Acara ini akan dipimpin bersama oleh Pemerintah Indonesia dan UNDRR. Platform Global akan berlangsung pada saat yang sangat menentukan: tujuh tahun sejak diadopsinya Kerangka Sendai dan lebih dari dua tahun sejak dimulainya pandemi COVID-19. Krisis global ini telah memperlihatkan  bagaimana kerentanan dan kesenjangan yang mendasari telah memberikan dampak yang sangat dahsyat pada masyarakat yang sangat terpapar di seluruh dunia. Agenda Pencegahan dan pengurangan risiko bencana merupakan sesuatu yang sangat penting dalam mencapai masa depan yang berkelanjutan bagi semua orang. GP2022 akan menjadi kesempatan yang unik dan tepat waktu untuk menunjukkan pentingnya solidaritas dan kerja sama internasional, serta untuk membahas cara-cara untuk mengatasi faktor  pemicu risiko yang mendasari baik secara lokal maupun global.

Agenda GP2022 akan disusun berdasarkan tujuan Sendai, prioritas-prioritas utama  tindakan dan target, yang diidentifikasi pada Platform Global sebelumnya yang diadakan di Jenewa, Swiss pada tahun 2019 serta yang berasal dari pertemuan Platform Regional . GP2022 akan meninjau implementasi Kerangka Sendai, menyusun rekomendasi aksi  untuk para pembuat kebijakan, mengidentifikasi  praktik-praktik baik dan meningkatkan kesadaran akan pengelolaan risiko bencana. Hasil-hasil pertemuan ini akan disarikan dalam ringkasan para pimpinan sidang dan akan berkontribusi pada peninjauan tengah waktu  Kerangka Sendai antar Pemerintah yang akan diselengarakan pada tahun 2023.

Peserta perempuan memberikan pendapatnya selama diskusi pada pagelaran Platform Global untuk Pengurangan Risiko Bencana 2019)
Menemukan GP2022

Pelajari dokumen (dalam bahasa Inggris), temukan agenda, dan daftarkan diri anda

 

Komitmen Indonesia dalam Pengurangan Risiko Bencana

Sebagai negara kepulauan besar, Indonesia menghadapi berbagai ancaman bencana alam, termasuk gempabumi, tsunami, erupsi gunung api, tanah longsor  dan banjir.Pemerintah Indonesia telah berada posisi terdepan dalam pengelolaan risiko bencana dan iklim. Upaya pengelolaan risiko bencana di Indonesia dilakukan melalui kolaborasi antar pemerintah, masyarakat, dunia usaha, media, dan akademisi (pentahelix).  Lembaga-lembaga tingkat nasional telah menyusun rencana penanggulangan bencana dan merespon kejadian bencana secara lebih efektif dengan perangkat, data, informasi dan kapasitas yang lebih baik. Indonesia berkomitmen untuk melaksanakan dan melaporkan pencapaian Kerangka Sendai serta memperkuat ketahanan bencana secara lokal, nasional dan global dalam mewujudkan  ketangguhan bangsa dan ketangguhan semua.

Indonesia telah memiliki mekanisme, platform, dan organisasi pemantauan bahaya yang canggih termasuk melalui teknologi digital untuk pemantauan bahaya dan sistem peringatan dini bencana. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), adalah lembaga nasional utama yang bertanggung jawab atas semua kegiatan terkait bencana mulai dari pencegahan,  mitigasi, kesiapsiagaan hingga tanggap darurat serta pemulihan kembali. Sejak merebaknya COVID-19, Presiden Joko Widodo semakin memperkuat peran penting Badan Nasional Penanggulangan Bencana dalam turut  menangani  pandemi ini dan menyebarluaskan informasi secara tepat waktu kepada seluruh warga masyarakat.

Pemerintah Indonesia memiliki kerangka perundang-undangan  yang kuat dalam penanggulangan  bencana dan jaringan lembaga dan organisasi yang erat dan terlibat dalam pencegahan, kesiapsiagaan, darurat bencana, dan pemulihan bencana. Kepemimpinan Indonesia dalam pengurangan risiko bencana global berperan penting dalam mendorong upaya berbagi pengetahuan, tantangan-tantangan, dan pencapaian dalam pengurangan risiko bencana di tingkat regional dan global. Dengan bangga Indonesia menjadi tuan rumah sesi ketujuh Platform Global untuk Pengurangan Risiko Bencana yang menghadirkan perwakilan Negara-negara anggota PBB, Lembaga-lembaga PBB, Lembaga-lembaga  Internasional dan Regional, serta kelompok pemangku kepentingan di Bali, Indonesia pada Mei 2022.

mengkaji ulang tempat kumpul
TELUSURI

Pelajari Lebih Lanjut tentang Pengurangan Risiko Bencana

Mami Mizutori standing in front of a microphone delivering a speech
Badan PBB untuk Pengurangan Risiko Bencana


Mengurangi risiko dan kerugian akibat  bencana untuk menjamin masa depan yang lebih aman dan berkelanjutan.
Kantor Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengurangan Risiko Bencana (UNDRR) adalah focal point untuk pengurangan risiko bencana di dalam sistem PBB. Lembaga ini mengawal implementasi Kerangka Sendai untuk Pengurangan Risiko Bencana 2015-2030 dan memimpin pelaksanaan sidang-sidang serta menyelengarakan  Platform Global untuk Pengurangan Risiko Bencana.

Pen checking one of four checkboxes
Kerangka Sendai untuk Pengurangan Risiko Bencana


Cetak biru untuk mengurangi risiko bencana.
Kerangka Kerja Sendai untuk Pengurangan Risiko Bencana 2015-2030 adalah kesepakatan utama pertama dari agenda pembangunan pasca-2015. Kerangka ini berisi aksi-aksi konkret untuk melindungi hasil pembanguan dari risiko bencana yang dapat dilaksanakan oleh Negara-megara anggota PBB

Colorful banner with GP2019 dates and logos placed outside the conference venue
Platform Global untuk Pengurangan Risiko Bencana Keenam


Dividen Ketangguhan: Menuju Masyarakat yang Berkelanjutan dan Inklusif.
Sesi keenam Platform Global untuk Pengurangan Risiko Bencana berlangsung dari 13 hingga 17 Mei 2019 di Jenewa, Swiss. Pesan menyeluruh dari Platform Global adalah bahwa ketangguhan membawa banyak manfaat. Pertemuan ini melahirkan seruan kepada para pemimpin pada semua tingkatan untuk menjamin agar semua orang dapat menikmati manfaat dari ketangguhan

A girl completing a painting showing trees, people and a sign saying “Cinta Lingkungan”
Platform berbagi pengetahuan global untuk pengurangan risiko bencana dan ketahanan


PreventionWeb
adalah platform kerjasama untuk berbagi pengetahuan tentang Pengurangan Risiko Bencana (PRB), yang dikelola oleh Kantor PBB untuk Pengurangan Risiko Bencana (UNDRR). Situs ini menawarkan berbagai produk dan layanan pengetahuan untuk memfasilitasi kerja-kerja para profesional dalam bidang pengurangan risiko bencana.